SEMINAR ERA BARU PEMASARAN BERSAMA HMJ UNRIKA

Dongkrak Keuntungan dan Perkuat Karakter Brand

HIMPUNAN Mahasiswa Managemen (HMJ) Universitas Riau Kepulauan  (Unrika) Batam menggelar Seminar Era Baru Pemasaran, Value Driven Marketing di ruang auditorium samping perpustakaan  Unrika, Batuaji, Batam, Rabu (23/9/2014).

‘’Dalam seminar ini banyak dipaparkan tip, dan strategi pemasaran yang inovatif. Saya harap, seminar itu dapat menambah pengetahuan mahasiswa terutama mahasiswa Jurusan Managemen Pemasaran dalam ilmu pemasaran,’’ sebut Ketua HMJ Unrika Batam, Efhan Effendi di Batam Centre, Sabtu (27/9/2014).

Seminar dihadiri Kepala Program Studi (Kaprodi) Fakultas Ekonomi Unrika, Lukmanul Hakim SE MSi, dan diikuti 130 mahasiswa Jurusan Managemen Ekonomi dan Pemasaran. Tampil sebaga nara sumber Edwin Agung Wibowo SE M COMM

Lukmanul Hakim menilai banyak manfaatnya mahasiswa mengikuti seminar Value Driven Marketing. Targetnya, setelah menyelesaikan kuliahnya, mahasiswa siap terjun ke masyarakat menerapkan ilmu pengetahuannya, dan mampu bersaing dengan para kompetitor  dalam dunia pemasaran.

Pada materinya, Edwin mengungkapkan ada beda antara marketing dulu dengan marketing di era baru pemasaran. Pada Marketing 1.0 mengandalkan rational intelligen, produk bagus, harga terjangkau. Konsumen memilih produk berdasarkan tinggi rendahnya harga yang ditawarkan produsen. Pada level ini, konsumen sangat mudah berpindah.

Marketing 2.0 berbasis emotional interligent atau sentuhlah hati customer. Meski suatu produk lebih mahal dibanding lainnya, tetapi tetap dipilih konsumen. Sebab ia sudah memiliki ikatan emosional dengan produknya.

Sedangkan Marketing 3.0 berdasarkan spiritual intelligent, yaitu lakukan semua dengan nilai-nilai universal seperti kasih, ketulusan, kejujuran, dan keuntungan akan datang. Pada tahap ini marketing telah melekatkan nilai-nilai pada visi dan misi perusahaan. Gagasan ini akan memperbaiki pandangan masyarakat terhadap marketing. Ini membimbing perusahaan dan pemasar untuk menginkorporasikan visi yang lebih manusiawi dalam memilih tujuan mereka.

Di era sekarang, pemasaran tidak hanya diterjemahkan dalam pengertian positioning, diferensiasi dan merek yang dibungkus dalam identitas merek, integritas merek dan menghasilkan citra merek. Dunia pemasaran perlu menunjukkan nilai-nilai (spiritual) dalam pemasaran. Nilai-nilai yang ditebarkan itu diyakini tidak hanya mendongkrak keuntungan tetapi juga menjamin kelanggengan  dan penguatan karakter brand, sekaligus membentuk diferensiasi tidak tertandingi.

Edwin mengatakan marketing  hendaknya menciptakan komunikasi di kalangan customer dan non customer. Biarkan customer berkata baik atau buruk tentang brand anda. Dengan begitu akan tercipta social connect yang merupakan ultimate goal dari connection yang sudah susah payah anda perjuangkan. Selain itu, eksklusivitas menjauhkan anda dari customer. Semakin dekat jarak antara anda dan customer maka akan semakin inklusif.

Sumber : http://suprizaltanjung.wordpress.com/2014/09/28/hmj-unika-gelar-seminar-era-baru-pemasaran-value-driven-marketing/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *