Akreditasi Prodi Manajemen Unrika Batam Dapat Akreditasi B

Badan Akreditasi Nasional logoban-ptPerguruan Tinggi (BAN-PT) mengumumkan nilai dan peringkat akreditasi program studi (Prodi) sarjana tahun 2015.

Atas keputusan BAN-PT Nomor 324/SK/BAN-PT/Akred/S/V/2015 tertanggal 2 Mei 2015, sebanyak 59 prodi program Sarjana Perguran Tinggi, baik negeri maupun swasta di seluruh Indonesia, mendapatkan akreditas A sebanyak 10 Perguruan Tinggi (PT), akreditas B sebanyak 21 PT dan akreditas C sebanyak 19 PT.

Dari 29 PT tersebut, Prodi Manajemen Unrika Batam salah satu PT yang ada di Provinsi Kepri, yang diumumkan BAN-PT terkait nilai dan peringkat akreditasi sarjana 2015.

Prodi Manajemen Unrika mendapatkan akreditasi B.

Akreditasi tersebut tertuang dalam surat pengumuman nilai dan peringkat akreditasi Prodi pada program Sarjana tahun 2015, Kepala Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BANPT) Prof. Dr. Mansyur Ramly.

Dalam surat tersebut dinyatakan dengan telah diundangkannya UU No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi serta telah dikeluarkannya Permendikbud No. 59 Tahun 2012 tentang Badan Akreditasi Nasional, fungsi utama BAN-PT mengalami perubahan yang cukup signifikan.

BAN-PT, setidaknya memiliki enam peran dan tugas, yang diantaranya yaitu melaksanakan akreditasi dan melaksanakan penilaian kelayakan prodi atau PT baru bersama Ditjen Dikti.

“Nilai akreditasi berlaku selama lima tahun dari 2 Meri 2015 sampai 2 Mei 2020. Keputusan ini berlaku selama proses pengelolaan dan penyelengaraan program studi memenuhi dan sesuai dengan peraturan Perundang-undangan yang berlaku,” tulis Ramly.

Sementara Wakil Rektor I Unrika Batam, Ade P Nasution mengatakan dengan mendapatkan akreditasi B untuk Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi, kedepannya pendidikan harus terus ditingkatkan.

Menurut Ade, mempertahankan lebih susah daripada mendapatkannya.

“Kita akan terus meningkatkan kualitas pendidikan, tidak hanya di Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi saja, namun seluruh fakultas yang ada. Dengan akreditasi B yang diberikan BAN-PT ke Prodi Manajemen, merupakan suatu langkah untuk terus menciptakan SDM yang berkualitas,” katanya.

Edwin Agung Wibowo, Dekan Fakultas Ekonomi menyambut baik dengan akreditasi B bagi Prodi Manajemen yang diberikan BAN-PT.

Diakuinya untuk mendapatkan akreditasi B, bukan kerja yang mudah. Namun harus ada terobosan-terobosan yang harus dilakukan agar bisa mendapatkan nilai yang terbaik yang dinilai BAN-PT.

“Berbagai upaya sudah kita lakukan dengan terobosan-terobosan agar kualitas pendidikan di Prodi Manajemen terus meningkat. Akhirnya, BAN-PT memberikan akreditasi B dengan nilai 307,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *